Cara Bisnis Online Untuk Pemula di Shopee

3 min read

Marketplace Shopee yang memiliki warna khas orange memang sudah cukup dikenal masyarakat. Banyak para penjual yang akhirnya membuat toko di shopee. Jika anda tertarik juga untuk membuat toko untuk jualan anda, simak Cara Bisnis Online Untuk Pemula di Shopee.

Cara Bisnis Online Untuk Pemula di Shopee

Salah satu aksi yang paling menarik dari Shopee adalah bekerja sama dengan penyanyi nasional dan asing untuk menyelenggarakan konser. Konser tersebut disiarkan di saluran televisi nasional.

Tak heran jika masyarakat Indonesia saat ini lebih akrab dan suka berbelanja di pasar ini sendirian. Bahkan banyak juga yang menjadi vendor Shopee di sela-sela.

Anda harus menggunakan ketenaran Shopee untuk keuntungan pribadi Anda. Berikut ini adalah Panduan Jualan Shopee untuk digunakan sebagai referensi bisnis Anda.

Kenapa jual di shopee?

Sebelum Anda mulai tertarik berjualan di Shopee , Anda harus tahu alasan nya berjualan di Shopee.

• Jika Anda memutuskan untuk berjualan di Shopee, Anda hanya bisa memiliki satu smartphone yang tentunya sangat nyaman, sehingga berjualan di Shopee bisa menjadi peluang bisnis bagi pelajar, atau bahkan bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga.

• Konsumen di marketplace Shopee lebih banyak dan berkembang pesat.

• Sudah terintegrasi dengan layanan pengiriman paket.

• Banyak promosi menarik untuk membantu lebih banyak konsumen.

Ini hanya beberapa alasan Anda berjualan di Shopee. Ada banyak alasan lain mengapa Anda berjualan di Shopee Marketplace.

Langkah-langkah berjualan di Shopee

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk mulai berjualan di Shopee. Berikut adalah panduannya.

1. Buat akun Shopee

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di aplikasi Shopee. Tanpa akun, Anda tidak akan dapat melakukan aktivitas jual beli apa pun. Jika Anda sudah memiliki akun, Anda dapat melompat ke langkah 2.

Untuk membuat akun di Shopee, syaratnya anda harus memiliki alamat email dan nomor ponsel yang masih aktif. Lengkapi formulir pendaftaran akun dengan lengkap.

Anda kemudian akan menerima email aktivasi atau SMS dengan kode OTP. Lakukan Konfirmasi kode OTP tersebut untuk menyelesaikan pendaftaran.

2. Buka Toko

Setelah Anda membuat dan memiliki akun, sekarang Anda sudah bisa mulai membuka toko. Triknya adalah:

• Kunjungi situs Shopee di browser.

• Klik “Jual” di pojok kiri atas.

• Isi lengkap profil toko anda yang meliputi nama, deskripsi, dan lainnya.

Sekarang, Anda sudah berhasil memiliki toko di Shopee. Selanjutnya, Anda perlu menentukan alamat bisnis serta layanan pengiriman yang akan digunakan. Jangan lupa untuk membuat rekening bank untuk menarik kemenangan Anda.

3. Upload Produk

Anda dapat mulai mengupload produk atau barang apa pun yang ingin Anda jual. Kami menyarankan Anda menyiapkan gambar berkualitas baik untuk diunduh.

Usahakan  gambar yang di upload harus terlihat jelas dan menarik untuk calon pembeli.

Masukkan detail produk yang Anda jual, seperti: B. Nama produk, jenis, deskripsi, ukuran, merek, dll. Shopee akan memverifikasi produk yang Anda jual dalam satu hari kerja.

4. Promosikan Produk

Ketika proses verifikasi Shopee selesai, produk Anda mungkin muncul di etalase. Kemudian Anda dapat menjalankan promosi.

Promosi tersebut bertujuan agar calon konsumen melihat barang dagangan Anda. Setiap 4 jam, Shopee menawarkan penjual kesempatan untuk memperbarui produk mereka.

Untuk meningkatkan penjualan Anda juga dapat mempromosikan toko dan produk melalui facebook atau media sosial lainnya .

Strategi Jualan Online di Shopee untuk Pemula

Jualan di Shopee juga harus dibarengi dengan strategi agar produk yang dijual laris manis. Kami menyarankan Anda untuk mengikuti strategi di bawah ini.

1. Aktifkan fungsi pengiriman gratis

Shopee menawarkan fitur gratis ongkir dengan minimal pembelian tertentu mulai dari Rp 30.000 sampai dengan Rp 200.000.

Gratis ongkir merupakan salah satu daya tarik paling penting bagi pembeli. Kami menyarankan Anda untuk segera mengaktifkan fungsi tersebut. Syaratnya hanya foto KTP dan foto selfie dengan KTP.

Jika pembeli menggunakan voucher pengiriman gratis, Anda tidak perlu membayar pengiriman ke departemen pengiriman.

2. Kembangkan produk

Strategi penjualan kedua Shopee adalah meningkatkan jumlah produk yang terjual.

Semakin banyak produk yang ada di etalase toko, semakin besar peluang untuk menarik pembeli. Jika produk anda kurang dari 5 yang ada di etalase toko, maka akan lebih sulit untuk menemukan calon pembeli.

Anda tidak perlu banyak waktu untuk mengunduh produk karena Shopee menawarkan fitur unduhan massal.

3. Tingkatkan jumlah pelanggan toko

Shopee memiliki fitur pelanggan dan pelacakan seperti Instagram dan Twitter.

Hal ini berdampak besar pada kinerja penjualan toko. Semakin banyak pengikut atau pelanggan, semakin besar kemungkinan produk Anda akan terjual.

Juga, ketika Anda memulai pembangunan toko Anda, hal pertama yang harus Anda fokuskan adalah meningkatkan jumlah pelanggan.

4. Ikut serta dalam program khusus Shopee

Shopee memiliki banyak program khusus untuk penjual. Salah satunya adalah flash sale.

Flash sale sendiri merupakan penjualan produk yang dilakukan dalam waktu singkat dengan harga yang lebih murah.

Program flash sale ini dapat dilihat oleh semua pengguna Shopee. Jadi, mengikuti program flash sale bisa menjadi salah satu strategi jitu untuk menarik pembeli.

5. Pilih produk yang paling sering dicari pembeli

Strategi penjualan terakhir di Shopee adalah mencari dan memilih produk yang diinginkan pembeli.

Anda harus tahu cara membaca tren saat ini. Penjualan Anda akan tumbuh dengan cepat ketika Anda menjual produk yang dicari orang.

Persaingan di Shopee dengan penjual lain tentu sangat tinggi, maka untuk mengalahkannya cobalah menawarkan harga yang lebih rendah dari kompetitor. Dengan begitu, konsumen akan lebih menyukai produk yang ada di toko Anda.

6. Ringkasan penjualan

Meskipun Shopee menjual secara online, ringkasan penjualan juga sangat penting agar Anda dapat lebih mudah menganalisis hasil penjualan Anda.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan aplikasi catatan penjualan BukuWarung untuk memudahkan Anda mencatat dan merangkum penjualan perusahaan Anda.

Itulah tadi Cara Bisnis Online Untuk Pemula di Shopee Jualan di Shopee gampang banget kan? Jualan online memungkinkan Anda untuk mendapatkan uang tanpa meninggalkan rumah Anda.

Mau Bisnis Online tanpa modal?

Baca Juga : Bisni Online Yang Cocok Untuk Pelajar

Anda bisa daftar langsung sebagai reseller produk produk berkualitas dari distributor kami ya. Kebetulan kami adalah distributor untuk produk lokal yang berkualitas seperti Alwa Hijab, Sister Hijab, Indo Hijab, Meilee, Mukena Dalanova, Cazalea, Raiqis, Aden, SS Hijab, FAUZ, AFAS, Nona Boutique, Nunareva, Hody, Saima, HAfz, Shieraki, Ellin, Wanoja.

Anda bisa langsung menjual kan produk-produk dengan margin 10-35 % loh, semua barang bisa sistem dropship, jadi anda tidak perlu nyetok di rumah. Gimana tertarik? Untuk info lebih jelasnya silahkan kunjungi Halaman Menjadi Reseller Alwa Hijab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.